Tutorial membuat film kartun

31

Nah, kali ini saya akan bagikan tutorial yang sangat berharga buat bapak ibu guru. Tutorial ini  saya rasa sangat membantu bapak ibu membuat pembelajaran menjadi semakin menarik. Jarang ada yang berani posting artikel seperti ini. Biasanya bapak ibu akan temui hanya di toko buku, bahkan sampai saat ini pun belum saya temui orang yang mau menulis tentang film kartun. Tapi, dalam artikel ini saya posting FREE buat bapak ibu agar pendidikan di bangsa ini semakin cepat berkembang menjadi negara maju. Waktu saya SD negara kita disebut negara berkembang, sekarang saya sudah punya anak, masih saja disebut negara berkembang. Majunya kapan? So, ayo yang punya kreatifitas, bagi-bagi yang lain. Mau gratis atau berbayar, yang penting jangan disimpan. Kalau lama disimpan nanti keburu busuk dalam perut. Hi…..(yang setuju komentar dibawah ini)

Dalam postingan sebelumnya saya telah membuat tutorial membuat komik sebagai media pembelajaran. Sekarang lebih menarik lagi. Komiknya bisa bergerak…misal hasilnya seperti ini.

[youtube:https://www.youtube.com/watch?v=GqYziJBn9x4%5D

Film tersebut pernah saya ikut lombakan, walau tidak menang tapi puas udah bisa buat film kartun. Di dalam film tersebut, kita bisa menyisipkan pesan-pesan pendidikan karakter (Nostalgia niE, Ini jamannya K1, 2, 3 Om).

Ada dua layanan film kartun yang saya temui yaitu goanimate.com dan powtoon.com. Film di atas adalah menggunakan goanimate.com. Tapi, pada tutorial kali ini saya uraikan yang mudah dulu yaitu powtoon.com. Ngak kalah seru kok. Baca terus ya.

Multimedia saat ini memang menjadi tantangan tersendiri dalam dunia pendidikan. Lihat murid-murid bapak ibu kalau pulang sekolah. Wuih…. bukan ke rumah malah ke warnet. Ngapain itu? Berduaan lagi. Jangan-jangan….lihat si X dan si Y sedang….?

(Sedang belajar Aljabar Pak Bu).

Apalagi yang hobi nyuruh siswa untuk browsing internet. Bukan materi yang didapet malah tambah dosa nanti. Kok bisa? Misalnya, coba cari di google tentang “iman”.

Apa yang muncul?

1

Kalau image?

2

Prikitiu…

Parah kan bapak ibu? Maksud kita baik, agar siswa kita memiliki wawasan yang luas tentang Iman, tapi malah yang ditemukan siswa kita UJIAN IMAN. Hmmm…Iman sih kuat, tapi….

Oleh karena itu bapak ibu perlu menyiasati fenomena ini. Caranya bapak ibu perlu membuat sebuah blog (The next posting…), kemudian di dalamnya berisi konten-konten yang bermanfaat untuk siswa kita. jadi bapak ibu nyuruh siswa buka blog bapak ibu yang sudah bapak ibu isi dengan konten-konten yang dibutuhkan siswa. Biar menarik, konten materi difariasi dengan komik, film kartun, animasi, atau apa aja. Ngak bisa buat blog? Undang saya nanti saya latih (hehehe promo).

Apalagi facebook. Coba kita lihat iklan-iklan yang ada di facebook.

3

Ini dia yang ‘Manis’ ? iklan dari pabrik gula kali.

Pengiklan di facebook sengaja membuat tampilan foto-foto yang menampilkan kemulusan, kemolekan, yang membuat manusia semakin lupa dengan yang maha kuasa. Mereka berasumsi bahwa dengan iklan orang-orang yang cantik dan mulus maka dengan cepat menarik pengunjung. Padahal besok diakherat, ditusuk, digergaji, dipukul pakai ger, dibakar sampai hangus. Serem. Naudhubillah…. Inilah rayap-rayap kehidupan yang akan merusak generasi bangsa kita. Setuju? Yang setuju komentar dibawah.

Dalam keadaan ini, mau apa lagi bapak ibu? Demo? Boikot Facebook? Tidak mungkin, Inilah jaman Edan!!!

Cara yang paling bijak adalah dengan merespon modernisasi ini. Kita sambut dengan kreatifitas!!! Arahkan mereka menggunakan teknologi dengan benar. Yang setuju komentar di bawah ini (komentar muluk nih).

Film kartun untuk Pembelajaran

Film kartun saat ini bukan lagi milik orang-orang yang ahli di bidang desain, pemrograman, animasi, dll. Namun, semua orang bisa membuat film kartun. Siapa yang tidak suka film kartun. Lihat film kartun Doraemon atau Dragon Ball. Gila tuh film, ngak ada tamatnya. Mati hidup lagi. Dari saya kecil sampai sudah punya anak, masih aja serinya… memang menarik untuk diikuti.

Berbicara tentang pendidikan maka film kartun sangat direkomendasikan untuk dikembangkan. Di sini saya bagikan ilmu saya kepada bapak ibu semuanya tentang bagaimana membuat film kartun.

Sudah siap?

Ada dua website yang menyediakan layanan membuat film kartun yang saya ketahui yaitu goanimate.com dan powtoon.com. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Keduanya juga sangat berpotensi untuk dimanfaatkan dalam pembuatan media pembelajaran. Aplikasi dalam pembelajarannya seperti ini.

Begini ceritanya,

Bapak ibu guru membuat film kartun. Kemudian film tersebut bisa share melalui facebook. Murid-murid ibu SURUH melihat status ibu, bilang aja:

Bu guru: “SEKARANG SIAPKAN HP KALIAN YANG HARGANYA LEBIH DARI 800.000!!!, KURANG DARI 800.000 SIMPAN SAJA!!!. BUKA FACEBOOK KALIAN!!! WAJIB LIHAT STATUS IBU!! KALAU TIDAK LIHAT, BESOK PAGI TIDAK BOLEH IKUT PELAJARAN!!!”

Siswa: “BESOK HARI MINGGU BU…Sekolah LIBUR!!!”

Bu guru: “OK!. Ibu lupa karena sudah tanggal tua… Sudah dilihat?

Siswa: “SUDAH BUK….!!!”

Bu guru: Baik anak-anak, sekarang BAGAIMANA STATUS IBU?”

Siswa: “JANDA BUK…”

Bu guru: “??a?a??a?” “yang salah saya atau murid saya? Tidak mungkin saya yang salah, saya sudah sertifikasi loh…”

Dasar, sekarang tinggalkan si Ibu,

Langsung Kita Buat…

Powtoon.com

Powtoon.com adalah layanan membuat film kartun yang sangat mudah dan mempunyai keunggulan untuk membuat film-film kartun singkat. Saya baru saja menemukan website ini dibandingkan yang terdahulu goanimate.com. Kemudian saya coba bereksplorasi di web ini tenyata sangat mudah dan menarik juga. Memang belum saya gunakan untuk pembelajaran karena sekali lagi baru saja saya menemukan web ini. Tapi saya sudah berkreasi di powtoon dan hasilnya adalah sebagai berikut.

[youtube:https://www.youtube.com/watch?v=dHpGpJ-f-i0%5D

Ok. Kan? Tinggal dikasih suara, jadi deh. Share ke siswa-siswa kita.

Kita mulai membuat ya…

Kunjungi powtoon.com

4

Biasa, daftar dulu….bisa lewat Facebook, google atau linked. Klik aja yang disukai

5

Misalnya saya pilih facebook. Isikan email dan kata sandi.

6

Inilah tampilan Dashboard Powtoon. Tuh ada nama saya…

7

Untuk memulai Create a New PowToon klik Create.

8

Kita dihadapkan dengan berbagai kategori. Untuk latihan pilih aja dulu Open a Blank Project.

9

Isi judul dari filmnya misalnya SEGITIGA, tulis deskripsinya. Misalnya film ini menggambarkan tentang Definisi Segitiga. Jika sudah “Create”.

10

Tunggu sampai 100%.Biasa, tinggal ngopi-ngopi dulu pak… Yang ibu-ibu tinggal masak dulu….

11

Jika sudah 100%, inilah tampilan area kerja kita membuat kartun.

12

Langkah pertama pilih Style film yang akan dibuat. Misalnya Picto yang mempunyai style orangnya item-item. Disini ada yang gratis ada juga yang bayar (Pakai dolar bapak ibu, saya yakin dolar bapak ibu banyak bgt).

13

Klik tombol tanda panah untuk memilih style. Misalnya saya pilih Paper Cut.

14

Di bagian Bawah ada pilihan Backgrounds. Kita bisa memilih background yang kita suka. Bisa pilih yang disediakan di sana atau ambil gambar di komputer.

15

Klik more untuk memilih banyak pilihan background. Misalnya saya pilih  yang berwarna hijau. Klik dan  inilah hasilnya.

16

Memberi Tokoh

Langkah selanjutnya adalah dengan memberi tokoh pada film. Tokoh ada dua jenis yaitu jenis Characters dan animation. Bedanya kalau Characters maka tokoh tidak bergerak. Tapi jika animation maka tokoh bisa bergerak.

17

Dekatkan cursor ke gambar maka akan tampilan karakter. Jika sudah cocok maka klik, maka karakter tokoh akan muncul di layar.

18

Penting. Sebelum klik tokoh, taruh segitiga merah di posisi 0 Sec. Artinya tokoh akan muncul mulai dari detik ke 0.

19

Jika sudah, maka kembali lagi tokoh dan klik.

20

Inilah hasilnya…

21

Atur posisi tokoh dengan menggeser tokoh tersebut.

22

Sudah paham?…. lanjut….

Memberi Teks

Sekarang kita bahas tentang bagaimana memberi teks pada film. Caranya di atas layar ada sederetan tombol. Pilih tombol Add Teks.

23

Kemudian, double click untuk menedit teksnya.

24

Inilah hasilnya…. Kita bisa mengganti jenis font teks dengan banyak pilihan di atas.

25

Untuk melihat hasilnya…klik gambar segitiga, pindahkan mulai dari 0, seperti di bawah ini.

26

Klik tombol segitiga seperti dibawah ini…. (mirip dengan windows media player)

27

Terlalu panjang ya durasinya? Lihat gambar di bawah ini. Durasinya masih 10 detik. Klik tanda min (-) untuk mengurangi dan tanda (+) untuk menambah.

28

Misalnya seperti ini.

29

Coba lihat hasilnya di tombol preview yang berada di atas.

30

Klik tombol play (bentuk segitiga) untuk menjalankan.

31

OK. Ini dulu tutorialnya…masih banyak yang bisa saya bahas. Misalnya trik bermain soundmerekam, kemudian trik animasi, pulikasi, membuat kartun dengan goanimate.com dan masih banyak trik-trik yang lain…Doakan sehat dan diberi rizki yang berkah biar bisa sharing lebih banyak lagi.

Oh ya kunjungi blog pribadi saya di yasinyusufblog.wordpress.com. Di sana saya curahkan segala ide-ide saya. Anda juga bisa mendownload tutorial ini versi ebook. Boleh dicopas (copy-paste), tapi jangan lupa cantumin dua sumber di bawah ini. Kalau lupa nyantumin? Tidak apa-apa, sudah dicatat malaikat rokib atit.

Jika Anda merasa bahwa tutorial ini sangat membantu perkembangan dunia pendidikan kita, maka mohon keikhlasannya untuk shared via facebook. Klik disini untuk shared. Semoga dengan share bapak ibu mendapatkan keberkahan dari Allah SWT karena membantu kami dalam memajukan dunia pendidikan. Amin.

Wassalamu’alaikum!!! Para pejuang bangsa!!!. Lihatlah senyum anak didik kita. Manis kan…Pedulilah pada mereka karena mereka lah yang akan memimpin bangsa ini di masa depan!!!

Yasin Yusuf

DOWNLOAD VERSI ebook : Klik disini

One thought on “Tutorial membuat film kartun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s