Lomba Guru Jawa Tengah dengan Tema “PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INOVATIF”

Deadline: 24 Mei 2014

Lomba  Guru

Tahun ini memang banyak sekali lomba-lomba untuk guru. Dari tingkat regional hingga tingkat nasional. Ini adalah kesempatan menguji kreatifitas kita sebagai guru untuk terus berkarya dan terus berinovasi dalam proses pembelajaran. Kali ini GuruGalau memberi info lomba guru-guru di jawa tengah, ada lomba karya tulis yang diadakan oleh Program Pascasarjana Unnes. OK! Dibaca ketentuannya ya… Selamat berkarya….

 A. Rasional

Dalam rangka menyongsong globalisasi, idealnya pendidikan tidak hanya berorientasi pada masa lalu dan masa kini, tapi sudah harus mengantisipasi dan membicarakan masa depan. Pendidikan hendaknya melihat jauh ke depan dan memikirkan apa yang akan dihadapi peserta didik di masa yang akan datang. Pendidikan yang baik ditandai tidak hanya mempersiapkan para siswa untuk memperoleh profesi atau pekerjaan, tetapi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu masalah pokok dalam pendidikan formal adalah masih rendahnya daya serap peserta didik. Hal ini ditandai dengan rerata hasil belajar peserta didik yang senantiasa masih memprihatinkan. Prestasi tersebut tidak terlepas dari kondisi pembelajaran yang masih menerapkan pendekatan yang berspusat pada guru dan kurang menyentuh ranah dimensi peserta didik itu sendiri yaitu tentang bagaimana belajar (belajar untuk belajar). Dalam pengertian substansial, bahwa proses pembelajaran masih didominasi guru dan kurang memberikan akses bagi peserta didik untuk berkembang secara mandiri melalui penemuan dan proses berfikirnya. Apabila akan meningkatkan prestasi belajar peserta didik, tentu tidak akan lepas dari upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Upaya peningkatan mutu pembelajaran harus segera dilakukan. Disisi lain perubahan paradigma pembejaran yang semula berorientasi pada guru beralih pada peserta didik, metodologi yang semula didominasi ekspositori berganti ke partisipatori, dan pendekatan yang semula bersifat tekstual berubah menjadi kontekstual. Satu hal lagi, dengan pemberlakuan kurikulum 2013 menghendaki pembelajaran tidak hanya mempelajari tentang konsep, teori, dan fakta tetapi sampai aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian materi pembelajaran tidak hanya tersusun atas hal-hal yang sederhana yang bersifat hafalan dan pemahaman, tetapi dalam materi yang kompleks dan memerlukan aplikasi, analisis, dan sistesis. Untuk itu guru harus bijaksana dalam menentukan model pembelajaran yang sesuai dan dapat menciptakan kondisi kelas yang kondusif agar tujuan pembelajaran tercapai optimal. Untuk tujuan tersebut, PPS Unnes menyelenggarakan lomba inovasi pembelajaran dalam rangka memperingati Dies Natalis ke XVII. Harapannya karya-karya inovatif guru dapat diseminasikan dan dapat sebagai bahan rujukan guru-guru di sekolah lain.

Stop! berhenti dulu ya…ada info penting..

JANGAN KETINGGALAN

LIHAT JADWAL CPNS 2014

Lanjut….

B. Ketentuan Lomba

  1. Tema: Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Implementasi Pembelajaran Inovatif.
  1. Peserta lomba meliputi:  Mahasiswa S2- S3, Guru SD-MI/SMP-MTs./SMA-MA/SMK.
  1. Format penulisan: naskah diketik dengan spasi 1,5, Huruf Times New Roman,  Font 12, Margin atas 4cm, bawah 3cm, Kanan 3cm, Kiri 4cm, maksimal 25 halaman, Cover depan bertuliskan: 1) Judul; 2) Tuliskan “ Dalam Rangka Mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru-Guru Se Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (UNNES)”, 3) Nama Peserta, 4) Tempat Dinas, 5) Tahun.
  2. Sistematika penulisan meliputi: 1) Abstrak, 2) Pendahuluan, 3) Kajian Teoretik,    4) implementasi/pembahasan, 5) Penutup, dan 6) Daftar Pustaka.
  3. Aspek penilaian: Originalitas gagasan, Keinovatifan, Visibilitas implementasi, Kebahasaan, Logis dan runtut.
  4. Pengiriman naskah diterima paling lambat Sabtu, tanggal 24 Mei 2014 melalui e-mail: anggaakademik@gmail.comatau langsung ke TU PPs Unnes (Melalui: Sdr Angga Staf TU PPs Unnes)
  5. Bagi yang lolos ke babak final, akan diundang untuk mempresentasikan karyanya di kampus PPs Unnes pada tanggal 4 Juni 2014

C. Hadiah

Pemenang juara  I :  memperoleh uang pembinaan Rp. 4.000.000, piagam Pemenang juara  II:  memperoleh uang pembinaan Rp. 3.000.000, piagam Pemenang juara III:  memperoleh uang pembinaan Rp. 2.000.000, piagam Pemenang juara harapan  I :  memperoleh uang pembinaan Rp. 1.000.000, piagam Pemenang juara harapan II:  memperoleh uang pembinaan Rp.    750.000, piagam Pemenang juara harapan III:  memperoleh uang pembinaan Rp.   500.000, piagam

D. Mekanisme Lomba

1. Naskah diterima panitia paling lambat 24 Mei 2014 melalui e-mail: anggaakademik@gmail.com 2. Naskah yang diterima PPS diseleksi untuk menetapkan 6 (enam) naskah nominasi. 3. Peserta terpilih (nominator) akan diumumkan melalui Website: pps.unnes.ac.id  dan dihubungi melalui nomor HP.(silakan tulis nomor Hp saudara yang masih aktif pada biodata saudara sbg lampiran naskah) 4. Peserta terpilih/Nominator (6 orang) diwajibkan memaparkan karya tulisnya pada hari Rabu 4 Juni 2014 mulai pukul 13.00 WIB sampai selesai, di hadapan 3 orang juri. 5. Pengumuman pemenang dan pembagian hadiah akan dilaksanakan pada puncak peringatan Dies Natalis PPs ke 17, Kamis 5 Juni 2014 6. Kontak person: Ani Rusilowati: 081325567575, Dewi Liesnoor: 08122500361, Angga: 08157766631.

Sumber: http://pps.unnes.ac.id/

SELAMAT BERKARYA
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s